Senin, 12 Agustus 2013

Tips Untuk Membantu Menjaga Stik USB Anda Bersih dan Komputer Anda Aman



 Pada saat ini Anda harus menyadari ancaman yang dihadapi Anda ketika browsing Internet pada perangkat digital Anda. Dari penipuan phishing dalam kotak inbox Anda sampai link banner berbahaya, berselancar di Web dapat berbahaya jika Anda belum melindungi diri dengan antivirus yang handal. Tapi bagaimana dengan ancaman yang Anda hadapi offline? Sangat penting untuk diingat bahwa komputer Anda tidak hanya rentan terhadap serangan cyber, sekarang hal ini menjadi lebih dan lebih umum bagi penyerang untuk menemukan cara-cara baru untuk menyusup perangkat Anda, seperti melalui media removable.



Bahkan, sekitar 30% dari infeksi malware yang menyebar melalui removable media seperti USB stick dan SD cards.
Kebanyakan dari kita menggunakan perangkat ini cukup sering juga, baik untuk berbagi dokumen antara rekan kerja atau meneruskan foto dari liburan kita ke teman-teman dan anggota keluarga. Itu mungkin tampak tidak berbahaya, namun jika jatuh ke tangan yang salah ,dapat digunakan untuk tujuan yang sangat merusak.
Pada 2012 dua pembangkit listrik AS terserang penyusup ketika seorang karyawan sengaja membawa stik USB yang terinfeksi ke tempat kerja. Dan meskipun hal ini adalah cukup ekstrim, ini bukti bahwa perangkat kecil dapat menyebabkan sejumlah kerusakan besar.
Jenis serangan ini dapat dilakukan dalam beberapa cara yang berbeda. Seorang penyerang mungkin menginfeksi komputer dengan malware ketika USB drive terpasang, dengan harapan bahwa drive yang terinfeksi kemudian akan dipasang ke komputer lain, menyebarkan virus. Mereka juga dapat digunakan untuk mencuri informasi langsung dari komputer, yang dapat merugikan siapa saja yang memiliki informasi rahasia yang tersimpan pada sistem mereka. Apa lagi mengingat ukurannya yang kecil amat sangat mudah untuk perangkat tersebut hilang atau dicuri dan digunakan untuk hal yang merugikan.
Untungnya, kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk membantu menjaga stik USB Anda bersih dan komputer Anda aman.
Konfigurasi OS Anda untuk menghindari menjalankan apa-apa dari USBs. Jika penyerang meninggalkan USB cards yang terinfeksi di kantor Anda dan Anda menghubungkan ke komputer Anda, Anda harus pastikan Anda telah menyiapkan perangkat lunak antivirus untuk mencegah pembukaan dan menjalankan setiap file yang terinfeksi. Jika Anda menggunakan Kaspersky Pure, Anda dapat mengatur auto-scan USB Flashdisk dengan mudah dalam pengaturan Anda. Hanya ke General Scan Settings dan pilih do not scan atau prompt for action, yang akan memungkinkan Anda untuk melakukan scan cepat, scan penuh, atau tidak ada memindai setiap kali perangkat removable terdeteksi.
Perbarui OS Anda: Setiap kali OS Anda menawarkan update patch, Anda harus men-download. Patch dirilis untuk memperbaiki ketidaksempurnaan dan kerentanan dalam perangkat lunak Anda, dan dengan mengabaikan versi terbaru bisa membuat Anda rentan terhadap virus. Dalam kasus malware USB, Anda harus memastikan OS Anda ditambal/ patched terhadap eksploitasi autorun sehingga sistem anda tidak secara otomatis menjalankan apa-apa dari perangkat removable Anda.
Jangan copy file executable: file executable dapat menyebabkan komputer Anda untuk melakukan tugas-tugas yang telah diberikan oleh instruksi encoded. Anda dapat membayangkan bahaya akibat menyalin file jenis ini dari sumber yang tidak dikenal, jadi yang terbaik adalah untuk menghindari melakukannya sama sekali. Kami merekomendasikan men-download semua perangkat lunak langsung dari resmi, situs yang terpercaya saja.
Buatlah drive yang terpisah: untuk memastikan Anda hanya menggunakan USB drive yang diberikan kepada Anda dari sumber terpercaya, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak menggunakannya mencampur bisnis dengan pribadi. Ini paling aman untuk menyimpan pekerjaan Anda dan informasi pribadi yang terpisah dari satu sama lain, terutama jika stik USB yang digunakan oleh beberapa orang di rumah atau kantor.
Berhati-hati adalah cara terbaik melindungi diri Anda. Jika Anda mengikuti saran kami dan menggunakan antivirus terpercaya, Anda akan baik-baik saja untuk menggunakan perangkat removable Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

PT Nusantara Utama Technology