Rabu, 15 Januari 2014

CyberSecurity for the Next Generation 2014 Asia-Pacific & MEA akan Kembali Digelar


Kaspersky Lab mengumumkan dimulainya kembali kompetisi tahunan bagi mahasiswa, “Cyber Security for the Next Generation” untuk tahun akademik 2014.
Tahun lalu, Firman Azhari dari Institut Teknologi Bandung, berhasil menjadi juara babak final dunia kegiatan “CyberSecurity for the Next Generation” yang diadakan di Royal Holloway, University of London pada 24 – 27 Juni 2013. Karyanya yang berjudul “Detection of Security Vulnerability in Indonesian Near Field Communication (NFC) Applications” (Pendeteksian Kerentanan Keamanan pada aplikasi Near Field Communication di Indonesia) yang membahas perlindungan untuk pembayaran elektronik (e-payment) dan data identitas elektronik (e-identity) berhasil mencuri perhatian para juri. Ia pun mengalahkan peserta lain yang berasal dari seluruh dunia.
“CyberSecurity for the Next Generation” merupakan konferensi sekuriti yang setiap tahunnya mengumpulkan para peneliti muda, pakar keamanan TI terkemuka, dan profesor-profesor dari universitas di seluruh dunia.  Dalam lingkungan kolaboratif dan kreatif ini mereka membawakan dan mendiskusikan isu-isu terhangat di bidang keamanan cyber. Mahasiswa di seluruh dunia, baik S1 maupun S2 juga boleh mengirimkan karya mereka untuk mengikuti kompetisi ini.
Untuk tahun ini para peserta bisa mengirimkan karya atau proyek mereka yang membahas topik sebagai berikut:
1)     Ancaman baru terhadap platform baru (Emerging threats for emerging platforms)
·          Sistem benaman (Embedded systems); Keamanan perangkat mobile (Mobile security: Android, IOS, Windows Phone); Windows 8, Mac OS & dan sistem operasi lain, dan lain-lain.
2)     Mengamankan infrastruktur awan, virtual & ‘big-data’ (Securing cloud, virtual & ‘big-data’ infrastructure)
·          Layanan e-mail (Mail services); Layanan penyimpanan (Storage services); Jejaring sosial, dan lain-lain.
3)     Teknologi perlindungan masa depan (Future protection technologies)
·          Teknologi pendeteksian proaktif (Proactive detection technologies); Teknologi filtering (Filtering technologies); Keamanan aplikasi web (Web application security), dan lain-lain.
4)     Mengamankan infrastruktur perusahaan (Securing corporate infrastructure)
·          Menghadapi advanced persistent threats (APTs)/serangan tertarget; kerentanan, eksploitasi; rootkits/bootkits; botnets; serangan DDoS; keamanan jaringan, dan lain-lain.
5)     Pendidikan keamanan (Security education)
·          Tools dan sumber daya untuk meningkatkan dan mempromosikan kesadaran akan keamanan TI (Advertising, Marketing)
Nantinya seluruh karya peserta akan dinilai oleh sebuah komite yang terdiri dari para pakar Kaspersky Lab, akademisi terkemuka keamanan TI, pengambil keputusan di perusahaan TI, serta perwakilan media. Penulis proyek atau makalah paling menarik dan paling inovatif akan diundang untuk menghadiri babak regional kompetisi ini yang akan dilakukan berdasarkan wilayah.
Pada tahun ini, konferensi “CyberSecurity” terdiri dari empat babak regional dan satu babak final global yang akan digelar pada Juni 2014 di Stockholm, Swedia.

Jadi di sini peserta bisa mengirimkan makalah atau proyek mereka mulai hari ini melalui platform online baru di http://academy.kaspersky.com/?post_type=event.

http://www.infokomputer.com/2014/01/berita/berita-reguler/kaspersky-lab-ajak-mahasiswa-adu-ketangkasan-sekuriti/

0 komentar:

Posting Komentar

PT Nusantara Utama Technology