Kamis, 04 Oktober 2012

Bahaya Mengancam Para Pengguna Mac OS X


Mac OS X: Flashfake Trojan
Saat ini terdapat lebih dari 100 juta pengguna Mac OS X di seluruh dunia. Angka ini setiap tahun terus bertambah. Baru-baru ini, malware Mac OS X  dianggap katagori sangat jarang, termasuk Trojan seperti DNSChanger versi Mac OS X dan sebagainya, anti virus palsu/scareware attacts(yang booming di tahun 2011)

Akan tetapi, pada Maret 2012, Mac OS X mengalami serangan Malware besar-besaran, dengan lebih dari 700,000 komputer seluruh dunia terjangkit Flashback Trojan. Komputer yang terinfeksi memungkinkan para hacker / cyber crime  untuk meng install berbagai modul kedalamnya.

Salah satu modul yang dikenal adalah menghasilkan hasil mesin pencari palsu. Alasan mengapa wabah Flashfake ini begitu signifikan karena para penjahat cyber berevolusi serangan mereka menggunakan metode eksploitasi-berantai(besar-besaran) menggunakan exploits. Sebelumnya Mac OS X malware mengandalkan kepada pada social engineering untuk menginfeksi komputer, tetapi pada bulan Maret, penjahat cyber Flashfake mulai menggunakan Java exploits, yang tidak memerlukan interaksi pengguna- untuk menginfeksi komputer. Penggunaan exploits secara dramatis mempercepat tingkat infeksi Flashfake di komputer Mac OS X dan jauh lebih besar daripada wabah malware Mac sebelumnya.

Sebagai tanggapan masalah tersebut, Kaspersky Lab membuat sebuah situs web yang terverifikasi memungkinkan pengguna Mac OS X yang  untuk melihat apakah komputer mereka telah terinfeksi Flashfake. Jika Flashfake terdeteksi, Kaspersky Lab menyediakan utility gratis untuk pengguna yang komputernya terinfeksi.

Ketika pangsa pasar Mac OS X yang terus tumbuh, motivasi bagi para penjahat cyber untuk menargetkan platform ini juga akan meningkat, dan kita diharapkan untuk mengenali  jenis-jenis serangan baru dan malware. Mitos bahwa Mac OS X kebal telah hancur, seiring penjahat cyber yang terus mengembangkan metode serangan mereka, pengguna juga harus berfikir dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan keamanan komputer mereka untuk perlindungan.

http://www.kaspersky.com/about/press/flashback-mac

0 komentar:

Posting Komentar

PT Nusantara Utama Technology